Minggu, 11 November 2012

Hardware dan Organisasi Komputer

Pada kali ini saya akan membahas tentang Hardware dan Organisasi Komputer.

Hardware
Dalam bahasa Indonesia berarti perangkat keras. Adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware merupakan sarana agar dapat melakukan pengerjaan dengan menggunakan komputer. Hardware tentu saja dapat bekerja apabila ia mendapatkan perintah. Dan perintah tersebut wajib untuk dimengerti oleh hardware. Maka hardware dapat melakukan apa saja sesuai dengan perintah yang diberikan .

Berdasarkan fungsinya , hardware dibagi menjadi :
1. Input Device
2. Process Device
4. Output Device
4. Backing Storage
5. Periferal
  
Organisasi Komputer
Input Device 
Merupakan segala sesuatu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer yang selanjutnya akan diolah oleh tahap proses.
Contoh : Keyboard , Mouse , Scanner.
Input Device dibagi menjadi 2 yaitu :
      Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, scanner.
     Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.
Input Device



Process Device
Merupakan komponen utama dalam sistem komputer , karena Process Device ini merupakan otak bagi komputer. Dalam komponen ini semua koordinasi pengaturan komputer dilakukan sehingga baik input maupun output akan diaturnya , lalu terbentuklah sebuah sistem komputer. Dikenal dalam komputer sebagai CPU.
Contoh : Motherboard , Processor , Memory atau RAM , Harddisk , VGA , Soundcard , Optical Drive.


Output Device
Merupakan semua perangkat komputer yang hasilnya dapat dinikmati oleh indera suara dan indera penglihatan . Adalah hasil akhir dari sebuah process , dan dapat dinikmati oleh pengguna komputer.
Contoh : Monitor , Speaker , Printer , Cassing , Power Supply.
Output Device

Backing Storage 
Merupakan komponen penyimpan semua informasi non aktif yang ada di dalam komputer. penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contoh tape drive dan direct acess contohnya disket , hardisk , CD ROM ,dll.
Contoh : Harddisk , Floppy Disk , Optical Disk , Memory ( Internal dan External Memory ).

Periferal
Merupakan komponen tambahan yang diberikan pada komputer , fungsinya untuk membantu komputer. Hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
Contoh : Keyboard , Trackball , Joystick , Mouse , Camera Digital .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar