Sabtu, 08 Desember 2012

Jenis Jaringan Nirkabel, alat & cara kerjanya (Infrared, Bluetooth, Wifi)

Jenis Jaringan Nirkabel
      
 Jaringan nirkabel dikelompokkan menjadi tiga kategori utama
1.Jaringan nirkabel Personal Area (WPAN) 
2.Jaringan nirkabel Area Lokal (WLAN) 
3.Jaringan Wireless Wide Area (WWAN)

Wireless Personal Area Networks (WPANs)
 
Teknologi WPAN memperbolehkan pengguna untuk membuat suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi alat komunikasi sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS). 
Contohnya adalah infrared dan bluetooth.

Wireless Local Area Networks (WLANs)

Teknologi WLAN memperbolehkan pengguna untuk membuat jaringan nirkabel dalam suatu area yang sifatnya lokal (contohnya, dalam lingkungan gedung kantor, gedung kampus atau pada area publik, seperti bandara atau kafe).  

Wireless Wide Area Networks (WWANs)

Teknologi WWAN memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat dibuat meliputi suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara, melalui penggunaan beberapa antena atau juga sistem satelit yang dibuat oleh penyelenggara jasa telekomunikasinya. 
Contoh dari WWAN ini adalah teknologi 2G.


Infrared
                Adalah generasi pertama dari teknologi jaringan nirkabel. Infrared sendiri adalah radiasi gelombang elektromagnetik. Tetapi infrared menggunakan gelombang infra merah. Infra merah menggunakan gelombang cahaya yang memiliki frekuensi yang lebih rendah daripada yang diterima oleh mata manusia. Infra merah digunakan pada kebanyakan sistem remote kontrol pada televisi. Komunikasi infra merah cukup cepat dan tidak membutuhkan biaya banyak untuk berkoneksi, tetapi kekurangan dari infra merah hanya bisa dilakukan searah saja.
Sebagai contoh, kita mau mengirim data antara komputer dengan laptop, akan tetapi pada saat proses ini berjalan, laptop tidak bisa mengirimkan data ke PDA karena infrared hanya dapat dilakukan searah saja. Tetapi kelebihan dari infrared adalah kita tahu bahwa pesan yang kita kirimkan pasti akan sampai pada orang yang kita inginkan, bukan ke orang lain walaupun diruangan itu terdapat banyak penerima infra merah. Karena infrared hanya menggunakan komunikasi satu arah saja.

Bluetooth
                Adalah teknologi yang memungkinkan 2 perangkat untuk berkomunikasi tanpa menggunakan kabel dan tidak memerlukan saluran yang terlihat. Bluetooth mengurangi penggunaan kabel sehingga lebih mudah untuk digunakan dan juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam. Bluetooth pun sangat mudah untuk difungsikan , cara kerjanya adalah dengan memiliki sistem bluetooth didalam alat komunikasi yang akan digunakan. Dan juga harus ada 2 perangkat sebagai pengirim dan penerima data dari bluetooth.  Kelebihan dari bluetooth selain biaya rendah adalah bluetooth mampu mengirimkan data lebih cepat dari pada infrared. Bluetooth juga mampu menembus tembok sekalipun . Jadi semisal kita berada di luar ruangan dan pengirim berada di dalam ruangan , kita tetap mampu mengirimkan data.
                Bluetooth bisa berkoneksi dengan delapan alat sekaligus secara bersamaan. Asalkan semua alat ini dalam radius 10 meter, kita mungkin berpikir bahwa sinyalnya mungkin akan menumpuk dan mengganggu proses kerja alat-alat itu. Tetapi ternyata tidak, bluetooth menggunakan sebuah teknik yang dinamakan dengan harapan penyebaran spektrum frekuensi yang membuat sebuah alat untuk mentransmisikan data pada frekuensi yang sama dalam waktu yang bersamaan pula. Teknik ini mengurangi resiko penggunaan telepon yang akan mengganggu paralatan bluetooth, karena semua gangguan pada frekuensi yang sama tidak akan berlangsung lama.
                Bluetooth sangat membantu sekali dalam kehidupan sehari-hari , berbagai macam peralatan rumah tangga dapat dipasang dengan bluetooth. Untuk urusan keamanan pun bluetooth dapat diunggulkan. Karena ia tidak memperbolehkan semua data masuk kedalamnya . Ia hanya akan memasukkan data kedalamnya apabila user / pengguna menyetujui untuk memasukkannya kedalamnya. Apabila user tidak menyetujuinya maka data akan ditolak masuk.

WIFI
                Adalah salah satu dari jenis jaringan nirkabel. Secara umum WIFI merupakan salah satu varian teknologi informasi dan komunikasi yang ada di jaringan WLAN (wireless local area network). Tingginya minat masyarakat untuk menggunakan teknologi WIFI ada dua faktor. Yang pertama karena mudahnya akses. Karena dalam satu area pengguna dapat menggunakan internet  secara bersama-sama tanpa perlu direpotkan dengan kabel. Pengguna dapat juga browsing dengan sangat mudah karena sudah banyak tempat-tempat yang memberikan WIFI dalam pelayanannya.
                Banyaknya tempat-tempat yang menggunakan WIFI juga dikarenakan oleh faktor kedua, yaitu biaya pembangunannya yang relatif murah. Selain itu WIFI juga dapat digunakan oleh pengguna yang di dalam sistem alat komunikasinya terkandung teknologi WIFI. WIFI juga dapat digunakan untuk melakukan streaming video , video call , dll. Dimana fungsinya sama dengan internet. Tetapi WIFI adalah suatu cara bagaimana agar kita mendapatkan internet dengan sangat mudah. Kelebihan penggunaan teknologi ini adalah murah , mudahnya akses dan dapat ditempatkan dalam tempat manapun. Tetapi kelemahannya adalah WIFI dapat menganggu penggunaan komunikasi radio atau perangkat telekomunikasi lain yang bekerja dalam pita frekuensi yang sama .

Cara kerja WIFI
Ada 2 mode operasi Wi-fi,yaitu
Mode Managed
Menggunakan Access Point yang berfungsi mengatur lalu lintas data,access point ini berfungsi seperti pusat transfer data. Kelebihan mode ini adalah transfer data lebih cepat, area coverage yang lebih luas, pengaturan dan keamanan data lebih terjamin. Mode ini biasa digunakan untuk hotspot wifi dan perkantoran yang memerlukan stabilitas dan keamanan data.

Ad-Hoc
Koneksi antar device Wi-fi peer too peer, kelemahan mode ini adalah bila device wifi yang terhubung terlalu banyak, transfer data jadi lambat. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi cuma 2 atau 3, tanpa beli access point




2 komentar: