Rabu, 17 Oktober 2012

Etika Berinternet dan Social Networking


Kita pasti sudah mengenal dan mengetahui apa itu internet . Di zaman sekarang pun anak-anak usia 5 tahun sudah bisa menggunakan internet . Dan pemakaian internet zaman sekarang sudah bukan merupakan sesuatu yang mahal lagi. Tetapi tahukan kalian bahwa berinternet pun ada etikanya yang perlu diperhatikan ? Berikut etika dalam berinternet yang saya ketahui . Semoga bermanfaat :)


1.Jangan Menggunakan Huruf Kapital Seluruhnya.
Karena penggunaan karakter huruf dapat mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan apabila anda mendapatkan penulis yang sedang marah , pasti anda sebagai pembaca merasa malas untuk membacanya bukan? itu yang ingin dihindari dari penggunaan huruf kapital pada semua kata.

2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpenting saja . Jangan dikutip semua karena beban server juga akan semakin berat.Selain itu jika kutip terlalu panjang maka orang akan malas untuk membacanya dan merugikan pemilik artikel.

3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi kepada anda secara pribadi (private
message), anda tidak diperbolehkan mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum
umum, kelompok grup, atau milis. Karena itu adalah pesan pribadi dari kerabat, teman, maupun pacar anda.

4. Hati-hati Dalam Mem-forward
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar . Jika tidak, maka jangan disebarkan.

5. Jangan Gunakan “CC”
Ketika mengirim e-mail ke sejumlah orang, jangan cantumkan nama-nama pada kolom
CC“. Karena setiap orang belum tentu suka alamat emailnya disebarkan kepada orang lain.  
6. Ketika ‘Harus’ Menyimpang Dari Topik
Janganlah menyimpang dari topik karena akan menganggu bahasan yang lain , selain tidak nyambung dengan bahasan itu juga akan membuat pembaca yang lain menjadi terganggu dengan bahasan yang anda buat . Karena itu jangan menyimpang dari bahasan yang telah dibuat.

7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya merasa direndahkan. Lebih baik melalui personal message dimana yang mengetahui isi dari pesan tersebut adalah kita dan orang yang kita kritik. Selain itu juga tidak menganggu orang lain.

8. Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis
Jangan sekali-kali mengakui tulisan orang lain sebagai hasil karya pribadi anda. Karena apabila anda mengakui hal tersebut, anda bisa di cap sebagai plagiator, yaitu orang yang mengcopy hasil karya orang lain dan mengakui bahwa hasil karya tersebut adalah miliknya. Ini sangat mengganggu sekali dan juga termasuk kejahatan . Karena plagiator sama dengan orang yang pengecut.

CARA BERTANYA YANG BAIK
1. Gunakan bahasa yang sopan.
Dalam bertanya gunakan bahasa yang sopan agar orang yang ditanyai itu senang dan akan menjawab pertanyaan anda dengan sepenuh hati.


2. Jangan berpikiran bahwa anda berhak mendapatkan jawaban.
Ingat penulis juga manusia . Tidak semua pertanyaan akan dijawabnya . Mereka akan menjawab pertanyaan yang menurut mereka itu penting dan pertanyaan yang masuk akal.
 

3. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa anda adalah
orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk tidak akan merasa segan untuk meluangkan
waktunya bagi anda. Karena bahasa anda sulit untuk dimengerti.
 

4. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain.
Dalam bertanya jangan gunakan kalimat yang menyatakan bahwa kesalahan ada di orang lain. Karena kita juga manusia dan bisa saja ternyata kita yang salah dalam berkata-kata. Oleh karena itu jangan menjudge kesalahan orang lain.


JIKA TIDAK ADA YANG MENJAWAB PERTANYAAN
1. Jangan tersinggung.
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya. Tidak ada yang tahu
jawabannya bukan berarti anda diabaikan, atau mereka bingung dengan maksut dari pertanyaan anda.
 

2. Jangan posting ulang pertanyaan anda.
Karena ini hanya akan membuat orang lain kesal dan pertanyaan yang sama akan membuat si penulis malas untuk menjawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar