Minggu, 04 November 2012

Tugas2 Sistem Operasi, Versioning & Sejarah untuk Mobile OS dan Desktop OS

Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer. Merupakan Software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Sistem operasi akan melayani software-software dengan baik.

Mobile OS


Sistem operasi mobile dikenal dengan sebutan platform, perangkat lunak untuk mobile, sistem operasi genggam adalah sebuah program yang menggerakan suatu perangkat keras seperti ponsel, smartphone, PDA, komputer tablet, perangkat informasi dan lain sebagainya. Ada berbagai jenis sistem operasi (OS) yang dijalankan perangkat keras yang beredar pasaran. Beberapa yang terkenal dan kita mengetahuinya seperti iOS, Android OS, BlackBerry OS dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa macam sistem operasi (OS) yang ada di dunia.


1. Apple iOS

iOS adalah sistem operasi mobile milik Apple yang dikembangkan dan hanya diaplikasikan untuk perangkat Apple Inc seperti iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV. Dan yang terbaru adalah Apple iOS versi terbaru yaitu versi 6.

2. Android OS

Android OS adalah sebuah sistem operasi mobile yang diperuntukan bagi smartphone dan komputer tablet. Android berhasil merilis versi terbaru mulai dari : Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb dan yang terbaru Ice Cream Sandwich. Smartphone yang menggunakan Android OS adalah Samsung Galaxy, Samsung Galaxy Nexus dan lain sebagainya.
3. Symbian OS

Symbian OS adalah sebuah Operating System yang digunakan untuk operasi standar ponsel dengan perangkat smartphone. Dan pemakai terbesar dimiliki oleh Nokia, jadi banyak produk-produk Nokia didominasi dengan OS Symbian. Dan versi terbaru yaitu Symbian 3.

4. BlackBerry OS

BlackBerry menggunakan BlackBerry OS sebagai sistem operasinya. BlackBerry OS, dikembangkan oleh Reseach in Motion (RIM), untuk BlackBerry, perusahaan telekomunikasi asal Kanada ini. Diawal kemunculannya BlackBerry terkenal dengan layanan push-email dan sebagai smartphone yang sukses dipasaran. Versi terbaru dari Blackberry OS adalah BlackBerry OS 7.

5. Windows Mobile

Windows Mobile merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi yang berhasil dikembangkan dan diaplikasikan mulai dari Pocket PC 2000 hingga Windows Mobile versi 6.5.5. Meskipun ada beberapa kelebihan seperti fitur GPS, dapat menonton televisi, mobile blog, mobile database namun kelemahan dari Windows Mobile adalah minim developer independen, sehingga susah untuk membuat aplikasinya dan kalah bersaing dengan Android.


Sistem Operasi untuk Desktop. ( Desktop OS )

Ada beberapa macam sistem operasi yang dapat dioperasikan pada desktop, yaitu :
1.DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.
2.Microsoft Windows
Windows merupakan sistem operasi yang paling popular dan masih banyak dipakai sampai sekarang. Versi windows yang paling awal adalah windows 1.0, lalu muncul windows 2.1x, windows 3.0, windows NT, windows 95, windows NT 4.0, windows 2000, windows Me, windows XP, windows server 2003, windows vista, windows 7, dan yang terbaru dan telah dirilis adalah windows 8.
3.Linux
Linux adalah sistem operasi yang bebas bersifat terbuka atau open source. Kode yang terdapat dalam sistem operasi ini dapat dimodifikasi oleh penggunanya. Linux sendiri terdapat berbagai macam jenis yang disebut distribusi Linux atau Distro Linux, diantaranya adalah Ubuntu, openSUSE, Fedora, Debian GNU/Linux, Mandriva, Linux Mint, PCLinuxOS, Slackware Linux, Gento Linux, CentOS, FreeBSD. 
4.Unix
Unix termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Unix merupakan induk dari system operasi Linux.
5.Apple Macintosh Operating System ( Mac Os )
Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple. Sistem Mac OS dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu Mac OS klasik dan Mac OS X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar