Minggu, 18 November 2012

Jaringan Berkabel

Hardware Jaringan

Untuk dapat membangun sebuah jaringan komputer, ada beberapa perangkat keras jaringan komputer yang harus diketahui. Berikut adalah beberapa contoh dari perangkat keras jaringan komputer yang harus diketahui :
1.Kabel
2.Ethernet Card
3.Hub and Switch
4.Repeater
5.Bridge
6.Router

1.Kabel
    Ada beberapa jenis kabel yang banyak digunakan untuk komunikasi data dalam jaringan komputer. Setiap jenis kabel mempunyai isi yang berbeda-beda. Ada 3 jenis kabel yang secara umum sering dipakai, yaitu :
a. Coaxial
b. Twisted pair
c. Fiber Optic
Kabel yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kabel RJ 45. Kabel ini merupakan kabel standar untuk jaringan komputer saat ini yang menggunakan hub atau switch. 

2. Ethernet Card
   Perangkat keras berupa adaptor , fungsinya untuk membantu pertukaran file dan data melalui jaringan komputer.Cara kerja Ethernet Card berdasarkan broadcast network, dimana setiap node dalam suatu jaringan menerima setiap transmisi data yang dikirim oleh suatu node yang lainnya.

3. Hub and Switch
   Hub & Switch biasanya disebut sebagai konsentrator. Konsentrator adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari setiap server atau perangkat lain.

4. Repeater
   Fungsi Utama adalah memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada kabel yang lain. Untuk memperluasnya dapat dilakukan dengan cara jarak kabel dapat diperjauh. Agar sinyal yang didapat juga semakin kuat.

5. Bridge
   Bridge digunakan untuk menghubungkan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Fungsinya sama dengan repeater, tetapi lebih cerdas daripada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda.

6. Router
   Router mampu mengirimkan data/ informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang berbeda. Penggunaan WIFI juga karena adanya router , yang mampu mencarikan jalur alternatif yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet. Dapat mengatur aliran data di antara topologi jaringan bus dan star.


Topologi jaringan

Topologi adalah cara pengaturan hubungan antarkomputer dalam jaringan komputer. Beberapa contoh topologi jaringan komputer antara lain bus, tree, mesh, ring, dan star. Masing-masing topologi mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. 
1. Topologi Bus
Topologi bus merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa perkembangan jaringan komputer. Topologi bus menyediakan satu saluran untuk komunikasi semua perangkat, sehingga setiap perangkat harus bergantian menggunakan saluran tersebut. Jadi hanya ada dua perangkat saja yang dapat berkomunikasi dalam satu waktu.
Topologi Bus
 
Keuntungan Topologi Bus
  • Biaya murah..
  • Hemat kabel 
  • Peletakan kabel sederhana.
  • Mudah untuk dikembangkan.
Kerugian Topologi Bus
  • Gampang terjadi kesalahan. Jika salah satu simpul jaringan rusak, semua komputer dalam jaringan menjadi tidak dapat untuk mengakses.
  • Kepadatan arus data di dalam jaringan tinggi.
  • Tidak mudah untuk menemukan kesalahannya.
  • Apabila menggunakan kabel yang panjang diperlukan Repeater ( Penguat ).
2. Topologi Tree
Topologi Pohon adalah kombinasi  antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.
Topologi Tree

3. Topologi Mesh
Topologi jala atau Topologi mesh adalah bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju. Jadi tidak perlu melalui perantara sebuah perangkat , langsung menuju perangkat yang diinginkan.
Topologi Mesh



4. Topologi Ring
Topologi Ring adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Semua perjalanan pesan adalah melalui ring dalam arah yang sama (baik “searah jarum jam” atau “berlawanan”). Apabila ada kegagalan pada salah satu kabel jaringan akan menyebabkan seluruh jaringan gagal atau tidak dapat digunakan.
Topologi Ring

Keuntungan Topologi Ring
  • Mudah dibuat.
  • Hemat kabel, bahkan lebih hemat bila dibandingkan topologi bus. 
  • Alurnya jelas
Kerugian Topologi Ring
  • Gampang terjadi kesalahan , yaitu apabila ada satu simpul saja dalam jaringan yang rusak, maka semua komputer dalam jaringan tidak bisa diakses (sama seperti topologi bus).
  • Susah untuk memasukkan komputer baru ke dalam jaringan ini
  • Tidak cocok untuk jaringan dengan komputer yang banyak.
  • Hanya dapat digunakan untuk beberapa komputer saja.
5. Topologi Star
   Topolgi Star adalah sebuah topologi dimana ada satu kontrol pusat yang dinamakan sebagai Hub dan Switch. Hub dan switch akan meneruskan data yang dikirim suatu komputer sehingga sampai di komputer yang dituju.
Topologi Star
  
Keuntungan Topologi Star
  • Paling fleksibel
  • Mudah untuk dimodifikasi.
  • Tidak mudah error atau rusak karena disebabkan putusnya suatu simpul. Jadi komputer tetap masih bisa digunakan walaupun ada satu simpul yang rusak.
  • Cocok untuk digunakan pada jumlah komputer yang banyak.
Kerugian Topologi Star
  • Boros kabel. 
  • Biaya mahal.
  • Perlu adanya switch dan hub yang mampu menahan beban ang besar dari komputer-komputer yang digunakan.

Implementasi jaringan dalam kehidupan sehari-hari
Beberapa contoh implementasi jaringan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Kegiatan Bisnis
Dengan adanya jaringan maka persebaran bisnis pun semakin terbuka luas dikarenakan mudahnya untuk menyebarkan informasi bisnis yang ada kepada konsumen.Sehingga alur perdagangan bisnis pun semakin merajalela dan mendunia.

2. Kegiatan Perbankan
Dengan adanya jaringan maka persebaran ATM pun dapat mencapai ke pelosok-pelosok, karena prinsip dari penggunaan ATM ini adalah membutuhkan jaringan , sehingga konsumen mampu bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Tidak perlu lagi untuk datang ke Bank hanya untuk mengambil uang tunai. Lalu dengan jaringan pun dapat mengetahui pelanggan bertransaksi dimana , jumlahnya berapa dan waktu bertransaksi kapan . Sehingga mampu menjadi pengawas dalam kejahatan yang melibatkan ATM sebagai sarana kejahatannya.

3. Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran dapat berhasil apabila mudahnya informasi pendidikan yang dapat diperoleh . Dan dengan adanya jaringan maka persebaran informasi pun dapat dengan mudahnya didapat berkat sumbangsih Internet yang menggunakan jaringan.

4. Kegiatan Pribadi
Semua yang dilakukan oleh individu maupun keluarga juga tak luput dari jaringan . Dengan adanya jaringan , mereka mampu mendapatkan informasi tentang apa yang mereka butuhkan , baik berupa permasalahan keluarga , permasalahan anak , atau permasalahan diri sendiri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar