Minggu, 04 November 2012

Karakteristik TIK, Lisensi Software & Source Code, Pembagian Software (Sistem Operasi, Utility, Bahasa Pemrograman, Aplikasi)

Karakteristik TIK
- Dapat diandalkan di jaman sekarang.
- Mampu menjadi sumber informasi bagi penggunanya.
- Menjadikan seseorang menjadi lebih Individualitis.
- Beredarnya sangat cepat.
- Futuristik
- Teknologi yang handal.
- Perkembangannya sangat cepat.

Perangkat lunak
Biasa disebut juga dengan nama software.
Perangkat lunak ini adalah suatu program yang berisi instruksi yang dibuat dengan bahasa tertentu ( bahasa pemrograman ).
Fungsinya menjadi penghubung antara perangkat keras dan pengguna.
Dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
a.  Perangkat Lunak sistem
b.  Perangkat Lunak aplikasi
 
Perangkat Lunak Sistem 
suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian dari sistem komputer.

Dikelompokkan menjadi 3 yaitu:
a.  Bahasa pemrograman
  contoh : C++, Fortran, Visual, Delphi, dll
b.  Sistem Operasi
  contoh : windows, Unix, OS, dll
c.  Utility : Program untuk mengatasi jika ada kerusakan
  contoh : antivirus , winzip , disk cleaner , CCleaner, dll
 Perangkat Lunak Aplikasi
Adalah suatu perangkat lunak (program) yang berfungsi atau yang digunakan untuk melakukan berbagai bentuk tugas tertentu diberbagai bidang.

 
  1. Perangkat lunak pengolah kata

Contoh : Microsoft Word , Star Office , Word Star , Open office


  1. Perangkat lunak pengolah angka

Contoh : Microsoft Excel , Lotus,  Multiplan , Supercalc , Visicalc


  1. Perangkat lunak pengolah data

Contoh : Microsoft Access , SPSS , SASSYSTA Minitab


  1. Perangkat lunak presentasi

Contoh : Microsoft Power Point


  1. Perangkat lunak pengolah multimedia

Contoh : Windows Media player , Winamp , Power Player


  1. Perangkat Lunak Pengolah Grafis

Contoh : Corel Draw , Photoshop , Freehand , Pagemaker 

Lisensi Software
Menurut Microsoft dalam “The Hallowen Document”, terdapat beberapa lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer. Beberapa jenis lisensi tersebut adalah :


1. Lisensi Komersial
Adalah sejenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan OS Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta (Copyright).


2. Lisensi Trial Sofware
Adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengijinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.


3. Lisensi Non Komersial Use
Biasanya diperuntukan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu di bidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu.


4. Lisensi Shareware
Mengijinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta ijin pemegang hak cipta (Copyright). Berbeda dengan trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.


5. Lisensi Freeware
Biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan, seperti plug in yang menempel pada software induk seperti Eye Candy yang menempel pada software Proprietary Adobe Photoshop.


6. Lisensi Royalty-Free Binaries
Serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.


7. Lisensi Open Source
Membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD, The MPL. Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux, Sendmail, apache, dan FreeBSD.


lisensi software dikutip dari :

Source Code ( Kode Sumber )
Suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia.
- Bahasa Pemgrograman : 
1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar